5 Tips Menjalani Kehidupan

by @rezawismail

Kehidupan terkadang membingungkan, dan kita harus bijaksana dalam menjalaninya agar meraih kesuksesan serta kebahagiaan.

Terdapat banyak tantangan dalam memenuhi takdir kita. Bahkan, banyak hal yang bisa mengalihkan kita dari mimpi yang sejati. Memiliki kehidupan sepenuhnya, tanpa merasa hampa.

Berikut 5 tips sederhana dalam menjalani kehidupan agar selalu membawa kesuksesan yang membahagiakan dalam jangka panjang (seumur hidup kita tentunya)

1. Ikuti kata hati atau intuisi. Jangan selalu mengikuti emosi atau perasaan yang sesaat. Lepaskan dahulu ego, tak perlu selalu mengikuti apa kata orang lain. Ambil pilihan yang paling bermakna, yang dibimbing dari kalbu, untuk kehidupan yang lebih memuaskan batin. Carilah inspirasi dari jiwa, bukan dari ketakutan yang fana.

2. Fokus pada gambaran yang lebih besar. Jangan berpikir sempit dan terpaku pada hal-hal sepele. Jernihkan pikiran dengan kesadaran dan keteraturan. Kelola prioritas dan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu pada hal-hal yang biasa saja. Ingat selalu mana hal-hal yang paling penting bukan hanya yang mendesak tapi hanya sesaat. Tetapkan dari awal tujuan akhirnya. Utamakan yang paling utama dari pertama. Utamakan keluarga.

3. Kuasai emosi dan pegang prinsip-prinsip yang paling bernilai apapun yang terjadi. Jadikan emosi sebagai motivasi yang selaras dengan tujuan. Jangan sampai emosi malah menghambat, bahkan merusak kemajuan kita. Selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip sejati, yang berdasarkan pada kebenaran. Jangan mudah terpengaruh oleh lingkungan dan orang lain.

4. Yakinlah pada diri sendiri. Kekecewaan pasti ada, kegagalan bisa saja dialami, tapi kita harus terus melangkah maju dan percaya diri. Kita diciptakan secara unik dan mampu untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Jangan lepaskan harapan agar kita terus gigih serta mampu bersabar tanpa putus asa. Rawat diri dan pikiran agar bersih dan sehat. Selalu belajar hal-hal yang baru untuk meningkatkan kompetensi diri.

5. Beraksi! Kegagalan yang sesungguhnya adalah tidak pernah mencoba. Jika kita ciptakan momentum untuk bergerak dan terjatuh, itu bukan kegagalan melainkan pelajaran yang berharga, sehingga kita bisa berjalan dengan lebih piawai lagi. Raih keberhasilan dengan mengerjakan sesuatu yang kita cintai. Lalu, lakukan segalanya dengan cinta. Semoga sukses dan bahagia!

Salam sentosa…

Baca juga:
Anger Management: Tips Mengendalikan Emosi
Evolusi, Emosi, dan Motivasi
3 Pilar Perasaan Positif
Teori Demotivasi Karyawan