Tips Sales Membangun Kepercayaan Pelanggan

by @rezawismail

Salah satu kunci utama dalam kesuksesan penjualan adalah membangun kepercayaan pelanggan kepada sang sales. Sales yang terpercaya akan lebih mudah mendapatkan order pembelian dari sang pelanggan. Cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menciptakan kedekatan, berikut beberapa tips-nya:

  • Pertama-tama, seorang sales harus mengetahui tentang hal-hal yang dipedulikan oleh sang calon pelanggan atau prospeknya. Penjual mesti mengenal kesukaan dan ketidaksukaan, preferensi, dan karakteristik utama dari si pembeli.
  • Selanjutnya, seorang sales bisa menumbuhkan kepercayaan dengan memberikan kepercayaan berupa berbagi sedikit informasi yang bersifat personal atau menyangkut kehidupan pribadi tapi tetap jangan terlalu mendalam. Secukupnya saja untuk membuka diri dan jika pelanggan sudah melakukan hal yang serupa, sang penjual bisa berhenti menceritakan dirinya dan mulai mendengarkan.
  • Sales juga bisa memberikan pujian secara samar dan jangan menggombal. Seorang tenaga penjual bisa mencari tahu kelebihan dari diri seorang prospek dan menunjukkan perhatiannya. Caranya bisa berupa keingintahuan lebih jauh akan kelebihan atau sisi yang terbaik dari diri si pelanggan.
  • Hobi dan obyek ketertarikan dari sang pembeli juga perlu dikenali, bahkan seorang sales bisa memanfaatkan hobinya sendiri jika kebetulan memiliki kesamaan. Kesamaan juga bisa dicari tahu lewat kedekatan lokasi atau tempat asal, kekerabatan, dan keunikan lainnya yang mungkin memiliki kemiripan.
  • Sales harus mampu menunjukkan kepedulian yang tulus kepada pelanggannya untuk mendapatkan kepercayaan. Seorang tenaga penjual yang baik tidak hanya berkonsentrasi pada penjualan dan hanya membicarakan produk atau jasa yang dijual, namun sebaiknya tulus mau membantu dengan sikap yang penuh persahabatan tanpa dibuat-buat.
  • Yang terutama bagi sang sales adalah selalu memberikan janji yang bisa ditepati. Pelanggan tidak selalu terbuai dengan iming-iming yang muluk-muluk tapi selalu molor dalam pelaksanaannya. Penjual membangun kepercayaan pelanggan secara optimal dengan menghormati kepercayaan yang diberikan.

Dan akhirnya, integritas seseorang diukur dari kejujurannya. Seorang sales yang terpercaya menunjukkan dirinya sebagai teladan kejujuran yang tidak takut untuk terbuka pada pelanggannya. Tapi ingat, jujur tidak berarti merendahkan diri sendiri atau pihak lain. Kita tetap menjaga sopan santun dan jangan mengumbar aib.

Salam sentosa!

Baca juga:
Tips Motivasi Sales Tanpa Komisi
Tehnik Motivasi Sales Call
Taktik Presentasi Sales agar Sukses
Langkah Sales Menjadi Sukses