Menguatkan Motivasi Karyawan Secara Emosi

by @rezawismail

Kata-kata employee engagement seringkali digunakan untuk mendeskripsikan perasaan keterikatan karyawan pada pekerjaan, kondisi kantor, dan perusahaannya.

Karyawan yang terikat secara emosional ini akan memberikan kinerja dengan inisiatif tinggi, penuh antusiasme, dan berkomitmen untuk berkontribusi yang terbaik sesuai kompetensinya.

Engaged employee berarti karyawan yang percaya terhadap atasan, mau bekerja dan berusaha maksimal, mengerti paradigma tujuan bisnis perusahaan, saling bekerja sama dengan rekan, dan membuka diri untuk perkembangan personal di lingkungan kerja.

Motivasi karyawan

yang terikat secara emosional ini akan menciptakan peningkatan dan juga level keterikatan pelanggan kepada perusahaan. Sehingga, perusahaan akan bertumbuh secara kokoh dan terus meningkat (suistainable growth and real profit increase).

Semua dimulai dari mengidentifikasi potensi kekuatan karyawan dan menyesuaikan kompetensinya dengan tingkat kinerja yang diharapkan. Para manajer juga berperan secara proaktif untuk menguatkan motivasi dari keterikatan emosi ini.

Maka, semua karyawan mesti diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pemikiran dan perspektifnya. Selanjutnya, perusahaan dapat mengukur dan mengevaluasi area-area mana yang perlu ditindaklanjuti untuk membangun keterikatan emosi demi peningkatan motivasi karyawan secara keseluruhan.

Pada akhirnya, karyawan yang termotivasi tinggi akan lebih produktif, berperilaku loyal dan positif, serta mengurangi tingkat retensi bahkan tindakan yang dapat merugikan perusahaan.

Supaya tercapai tingkat motivasi karyawan yang tinggi, perusahaan harus dapat memenuhi harapan karyawan untuk mempersiapkan dirinya dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Atasan harus mendukung dengan bukan hanya dari segi personal-emosional, namun juga mengatur lingkungan fisik dan sosial kantor agar dinamika interaksi antar rekan kerja berjalan harmonis dan mendukung pncapaian tujuan perusahaan.

Dan perusahaan harus bisa memberikan sarana dan prasarana yang lengkap untuk karyawan dapat mencapai target yang telah ditetapkan manajemen, juga untuk meningkatkan kompetensi serta tangga karirnya. Semua dimulai dari misi dan tujuan perusahaan yang memacu motivasi karyawan secara emosi untuk memberikan kinerja yang terbaik sesuai kompetensinya.

Salam sentosa!

Baca juga:
Meningkatkan Kepuasan Kerja untuk Motivasi Karyawan
Teori NLP: Program Motivasi Karyawan
Cara Memotivasi Karyawan
7 Faktor Kunci Motivasi Karyawan